Catatan Harian Waidi\’s


APAKAH NLP ITU?

Posted in NLP oleh waidi pada Maret 31, 2006

Apakah NLP itu? Pertanyaan semacam itu sering dialamatkan kepada saya dan ini wajar. Sebab, di kalangan kampus saja masih banyak yang masih awam dengan ilmu yang (di Indonesia) belum berkembang, dan belum banyak orang Indonesia yang secara khusus mempelajari NLP. Namun di kalangan business motivator, para peminat pengembangan diri, ilmu ini sudah mulai banyak dikenal dan digunakan untuk membentuk manusia unggul.

Saya sendiri mengenal istilah ini secara tak sengaja di beberapa buku-buku pengembangan diri. Dan di dalam buku-buku itu pun tidak dibahas secara khusus, hanya beberapa teknik NLP saja yang masih sangat parsial. Buku NLP komprehensif yang memuat teori-teori tentang NLP yang berbahasa Indonesia masih langka, dan mungkin belum ada.

Terdorong rasa ingin tahu apa itu NLP, saya mencoba browsing ke internet. Begitu saya klik NLP ternyata banyak sekali situs-situs NLP. Dari artikel, pengenalan, dan sejumlah training yang ditawarkan di luar negeri. Sepanjang pengetahuan saya, ilmu NLP belum dijadikan satu disiplin ilmu tersendiri setingkat sarjana (S1). Salah satu lembaga pelatihan NLP yang boleh dikatakan komprehensif adalah di tempat saya belajar yakni di Graduate Certificate in NLP, Inspiritive Pty, Sydney Australia. Kebayakan pelatihan yang ditawarkan bersifat parsial dengan waktu yang sangat pendek.

NLP bermula dari sebuah tesis seorang mahasiswa Richard Bandler dengan profesornya John Grinder pada tahun tujuh puluhan. Bandler ingin menjawab sebuah pertanyaan mendasar: mengapa (dalam bidang yang sama) seseorang bisa sukses sementara yang lain tidak? Bandler dan Grinder dengan penelitian yang intens mereka kemudian membuahkan sebuah model perilaku sukses yang bisa ditransfer/ditiru oleh orang-orang yang tidak sukses.

Perilaku seseorang, dalam hal ini adalah perilaku sukses, sangat ditentukan oleh syaraf otaknya (neuro) dalam memogram diri (otak) atau mempersepsikan diri terhadap setiap stimulus dari luar. Dengan bantuan bahasa, otak mampu merumuskan setiap bentuk perilaku sukses. Dengan bahasa pula, otak akan membuat sebuah program perilaku sukses: dari soal sikap positif meniru atau menduplikasi, hingga tindakan nyata. Oleh karenanya disebut Neuro-lingusistic Programming. Contoh, bila Anda menerima stimulus dari luar –cerita seorang sukses misalnya—kemudian Anda tertarik dan otak Anda segera membuat program diri untuk menirunya, dan membuat sejumlah program-program sukses, maka yang demikian disebut neuro-linguistic programming (NLP).

Dengan kata lain, NLP adalah bicara soal bagaiman syaraf otak (neuro) membuat suatu program perilaku tertentu (modelling) yang disebut internal programming dan bagaimana program itu dapat ekspresikan dalam bentuk perilaku yang disebut behavioural success.

Aktifitas otak pada dasarnya adalah aktifitas mencatat, merekam dan mengolah seluruh informasi yang diterima dari lingkungannya melalui panca indra. Kehebatan otak adalah merekam apa saja yang kita dengar, lihat, dan rasakan baik secara sadar atu pun tidak sadar. Otak sadar Anda (maaf) saat ini sedang konsentrasi membaca artikel ini, tetapi tanpa disadari otak Anda (dalam waktu bersamaan) juga mencatat segala peristiwa di sekitar Anda (mungkin deru mobil bila Anda membaca di jalan, mungkin udara dingin bila Anda membaca di ruang ber-AC). Dengan demikian, tak terhingga jumlahnya berapa milyar informasi yang tercatat dan terekam sejak masih orok hingga saat ini di dalam pikiran Anda. Semua rekaman peristiwa itu tersimpan di otak bawah sadar (unconsiuous mind). Semua itu adalah potensi yang tak ternilai harganya.

Kekayaan yang tersimpan dalam otak itu tidak ada manfaatnya kalau sang otak sendiri tidak mau dan mampu membuat sebuah program perilaku sukses. Dasar kerja otak kita adalah menunggu sang pemiliknya (Anda sendiri) untuk membuatkan sebuah program yang menurut Anda dapat tercapai dan cocok (ekologis). Siapa yang menyuruh otak Anda? Tidak lain adalah “intinya” otak yakni otak spiritual (SQ). Maka dalam Islam di kenal dangan kata-kata “semua tergantung niatnya”.

NLP sebenarnya adalah membantu mereka yang menginginkan sebuah paket besar kehidupan yang disebut neurological programm agar apa yang tersimpan di dalam otak (neuro) bisa didayagunakan sedemikian rupa sehingga dirinya berkembang. Di sinilah letaknya, orang sukses dan belum sukses. Orang sukses sudah terbiasa memogram dirinya, sementara orang belum sukses tidak tahu bagaimana caranya. NLP diciptakan untuk membantu mereka yang ingin sukses.

Saat ini penggunaan NLP meluas dibebagai bidang. Diantaranya untuk pengembangan SDM, percepatan pembelajaran, bisnis, komunikasi efektif, dan hipnosis. Beberapa ahli NLP menganggap bahwa hipnis merupakan cara efektif untuk meogram ulang pikiran. Pengalaman menunjukkan mereka para pengguna NLP mampu mengembangkan dirinya sesuai dengan “apa yang tersimpan di dalam otaknya”.

Salah satu prinsip kerja NLP adalah, pikiran bukan benda mati yang tidak bisa didaur ulang; pikiran adalah sesuatu yang lentur, yang bisa dibentuk menurut pemiliknya. Asalkan, si pemilik setuju untuk itu. Dan hampir semua orang setuju untuk itu. Mana orangnya yang tidak ingin pikirannya sehat, positif dan sukses?

Inti NLP adalah teknik membuang hambatan mental (pikiran), membuang virus-virus negatif pikiran, dan merekayasa ulang pikiran itu agar si pemilik tidak terjebak dalam sistem berpikir yang salah. Orang bilang, jangan sampai kita terjebak dalan suatu jargon salah kaprah. NLP tidak lain, membantu kita untuk membuang salah kaprah menjadi “benar kaprah”. Mengutip pendapat Jennie S.Bev1 dalam situ Pembelajar Com (Posting 24 Oktober, 2005), tentang salah kaprah.

“Keyakinan yang bersumber dari sumber-sumber yang salah kaprah, namun telah membentuk kepribadian seseorang sedemikian dalamnya sehingga re-setting mind sudah merupakan sesuatu yang almost impossible. Sebagai contoh, mind set bahwa seorang istri adalah seorang ‘dependent’ alias ‘yang tergantung’ sudah merupakan konsep yang kadaluwarsa. Ketergantungan emosional (sebagaimana pasangan suami istri dan sahabat karib) bukanlah justifikasi yang benar untuk segala hal”.

Salah kaprah yang demikian seorang manusia yang kebetulan statusnya istri hanya akan samapai pada determinasi sebagai berikut: Manusia => Wanita => Istri => Ibu.
Nasib wanita hanya sampai seorang ibu yang dependent pada suaminya.

Bila pandangan salah kaprah ini dirubah minsetnya, melalui NLP maka hasilnya menjadi lain, nasibnya jauh lebih baik: Manusia => Wanita => Berkarir => Berkarir di PT XYZ => Manager => Punya Uang.

NLP dengan demikian akan banyak bicara bagaimana merubah mind-set yang membelenggu diri seseorang. Pertama melalui pengenalan siapa dirinya, ingin menjadi apa, dan bagaimana memanfaatkan potensinya dan belenggu mental apa yang menghambatnya. Lalu dengan kesadarannya, ia mampu memprogram ulang pikiran yang keliru alias salah kaprah.




1 Jennie S. Bev adalah konsultan, entrepreneur, educator dan penulis dari lebih dari 30 buku, 900 artikel and 1.200 resensi buku yang telah diterbitkan di USA, Canada, UK, Germany, France, Singapore dan Indonesia. Penulis mancanegara ini dapat dibaca perjuangan dan prestasinya di JennieSBev.com.

32 Tanggapan to 'APAKAH NLP ITU?'

Subscribe to comments with RSS atau TrackBack to 'APAKAH NLP ITU?'.


  1. Pak Waidi,
    Thanks sudah mengutip artikel saya. Keep in touch, OK? Saya hanya lagi sibuk saja dengan disertasi (selesai PhD akhir tahun ini atau pertengahan tahun depan). Sesudah itu mari kita berkarya bersama.

    Salam,
    Jennie S. Bev

  2. Rudi said,

    Saya perlu hadir training NLP Gratis yang diselenggarakan AMA Surabaya tanggal 12 Juni 2006.

  3. Topan R Hasanuddin said,

    Training NLP di Jakarta dalam waktu dekat kapan?
    Saya mau ikut ya…

  4. Topan R Hasanuddin said,

    Buku-buku tentang NLP nyari dimana ya Pak Waidi?
    di toko-toko buku susah nyarinya…
    Trims

  5. dr.akhmad fadly noor said,

    Saya juga mau ikut training NLP yang berbahasa indonesia…kapan yach di adakan…kalau ada tolong email saya…..Txs

  6. Jazair Mafaridik said,

    Kami cukup puas mengikuti Seminar NLP yang telah bapak sampaikan, Insya Alloh akan kami tindak lanjuti dengan Workshopnya, siap kan pak ?

  7. moan said,

    Pak, kapan pelatihan dijakarta, mohon infonya,thx!!

  8. waidi said,

    Baru saja saya mengadakan training di Jakarta tanggal 14-15 Januari 2007 di Pusdiklat Kesehatan. Asia Integrity Jakarta telah menjadwal saya, coba tanyakan ke sana (Asiaintegrity.com)

    Waidi

  9. yayah ibnu hajar said,

    saya baru denger sekilas apa itu NLP, sebenarnya NLP udah ada dimesir cuma saya bingung kapan dan dimana trainingnya diselenggarakan, klo bapak ada kesemptan kecairo-mesir bagus banget tuh pak, sekalian silaturahmi ma temen2 mahasiswa dimesir. kita tunggu ya pak. thanks

  10. yayah ibnu hajar said,

    dicairo kapan neh pak? sekalian silaturahmi bareng tmn2 mahasiswa di cairo

    yayah

  11. waidi said,

    Thanks Yayah, atas apresiasinya. Ke miesir? pengin si, cuma kesempatan belum ada. Insya Allah, bila ada kesempatan baik saya mau ke sana. Ngasih pelatihan NLP.

    Seorang mahasiswa di Jakarta ngasih komentar terhadap pelatihan saya begini; ““Saya menemukan hal yang luar biasa pada diri saya, untuk kehidupan yang luar biasa. Terimakasih Pak Waidi atas trainingnya” –Galih Dwi Putra Sampurna, mahasiswa UBINUS Jakarata.

    Banyak diantara kita yang belum memiliki konsep diri yang jelas, shingga potensinya mubazir. NLP tahu cara megatasinya.

    Salam kenal

  12. Akmal Hasan said,

    Pak Waidi,

    Saya ingin mendalami NLP untuk kesuksesan finansial, dari mana saya harus memulainya?

    Salam Kenal

  13. waidi said,

    Untuk Akmal,
    Mulailah belajar NLP practioner dulu secara umum, lantas masuk atau mendalami NLP for sales: seperti kuasa simpati, rapport (menyamakan pola gerak, nafas, bahasa dll) dengan orang lain, mirroring, dan kuasai pula teknik perubahan diri. Coba baca bukunya Tung Desem Waringin “Financial Revolution”.

  14. jhony said,

    pak waidi

    gimana jika saya kena musibah, tehnik dan cara menanganinya melalui
    nlp, atau buku apa refeferensinya

  15. Pia said,

    Just info,

    PELANGI mengadakan preview SuperCamp dan FREE Seminar dengan topik “Enhance Communication with Your Teen Using NLP”
    When & Where?
    Sabtu/28 April 2007
    Pukul 08.30-12.30
    Cilantro, Wisma BNI 46, lt. 46
    Jl. Jend.Sudirman Kav. 1 – Jakarta Pusat

    TEMPAT TERBATAS
    Informasi dan pendaftaran: 021.5724162/ 5724384/0815 1990 2447

  16. Waidi said,

    Untuk Johni,
    Coba buka web http://www.portalnlp.com, ada banyak tips untuk mengatasi masalah-masalah. Semoga bermanfaat

  17. Pia said,

    Info bagi orang tua yang mempunyai anak remaja:

    PELANGI mengadakan preview SuperCamp dan FREE Seminar dengan topik “How to Understand & Motivate your teen? NLP is the answer!”
    When & Where?
    Sabtu/26 Mei 2007
    Pukul 09.30-12.00
    GRAND CAPITOL BALLROOM
    Manhattan Hotel 5th Floor
    #1 Jl. Prof Dr. Satrio- Casablanca
    Kuningan, Jakarta Selatan

    TEMPAT TERBATAS
    Informasi dan pendaftaran: 021.5724162/ 5724384/0815 1990 2447

  18. evi afifah said,

    artikelnya bagus,saya tertarik untuk mengetahui lebih banyak tentang NLP karena berarti kita sedang mengaktualkan potensi yang anugrahkan Allah. Pelatihannya seperti apa ya, tolong infonya kalau ada pelatihan dalam waktu dekat ini.Tks

  19. Gadis Manis said,

    pakah dengan mengetahui dream berarti kita bisa langsung mendapatkan apa yang kita inginkan dengan bantuan LOA? Belum bisa. Ada syarat lain yang harus dipenuhi. Apa itu ? Buah pikir (thought) bila hanya dipikirkan ”apa adanya” akan mempunyai efek tarikan yang kecil. Untuk bisa memperbesar efek tarikannya, dengan demikian mempercepat realisasi pikiran-menjadi-realita fisik, dibutuhkan bantuan emosi sebagai booster. Emosi yang dimaksud bisa berupa emosi positif maupun yang negatif.

  20. nisara said,

    pak Waidi,
    salam kenal.
    saya baru baca buku “the art of re-engineering ur mind for succes”.

    bukunya keren.
    saya skrg tinggal di semarang.kapan diadakan training NLP disini?
    saya boleh minta dikirimkan schedule training yg dikota2 lain juga pak?
    kalo sempat (terutama hari libur), saya datang.

    mohon bantuannya pak…
    terima kasih banyak pak.

  21. Waidi said,

    Oke, nanti saya kabari bila saya adakan training. Sudah banyak yang minta tapi saya siapkan dulu materinya dan silabinya, ok. Salam kenal balik, sukses selalu

  22. Markus Tan said,

    Tulisannya sangat inspiratif, menambah pencerahan dan melengkapi apa yang belum saya ketahui. Kapan ada training NLP di Surabaya? saya sangat tertarik. salam sukses selalu.

  23. arifismanto said,

    salam kenal pak
    NLP itu seperti mengubah mindset atau pikiran negatif dan positif kan?
    sekarang apakah NLP bisa mengubah kebiasaan merokok ataupun maaf (masturbasi)

  24. cakhadi said,

    NLP itu = Nice Like People ( Ra nyambung ya )
    Salam kenal !

  25. Astrid said,

    Hm.. ada bukunya Mbak Jeannie juga?
    sebenernya sudah lama saya dengat NLP ini.. tapi sampai sekarang masih belum paham betul…
    sampai akhirnya tadi dipanggil boss untuk mempelajarinya… hm…
    jadi penasaran…..
    bisa belajar dimana?

  26. cristiansen said,

    m… menarik juga ya NLP gmn dapatkan bukunya dari dasar sampai tngkat menengah?

  27. Waidi said,

    Anda yang berminat pelatihan NLP coba buka portalnlp.com

  28. topan said,

    saya sebenarnya pengiin belajar NLP pak ,tapi harus dimulai dari mana dulu yah pak,saya sulut sekali klu dah membaca artikel bapak..

    • Waidi Akbar said,

      Kursus NLP bisa dimulai dari baca-baca buku NLP dulu, atau buka portalnlp.com, Topan bisa jumpai tulisan2 NLP. Nanti kalu saya buka kelas NLPdi Purwokerto saya kabari


  29. NLP, apa bisa merubah pribadi seseorang?


  30. Untuk tahun 2013, kpn akam ada seminar di bandung ?

  31. erna said,

    jika ingin ikut NLP pak Waidi, kemana cari infonya & daftar kemana pak ? sangat tertarik nih.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: