Catatan Harian Waidi\’s


PAKAIAN

Posted in Tetes Embun Pagi oleh waidi pada Januari 12, 2008

PAKAIANTentunya kita sepakat bahwa pakaian merupakan hal sangat penting dalam hidup kita. Pakaian tidak saja menjadi salah satu ukuran tingkat peradaban suatu bangsa, tetapi juga dapat dijadikan indicator tingkat status social seseorang. Seringkali seseorang dilihat dari penampilan pakainnya. Pakaian juga mencerminkan kepribadian. Seseorang yang tidak suka menonjol alias kalem, biasanya hanya menggunakan pakaian yang tidak ngejreng, warna tidak menyolok. Berbeda dengan seseorang yang suka “penampilan”, biasanya suka warnya ngejreng, sepatu mengkilap, pakai parfum kuat aromanya. 

Singkatnya pakaian menjadi hal sangat penting baik untuk tingkat peradaban,status sosia, kepribadian dan bahkan kesehatan. Kehidupan kita tidak lepas dari pakaian. Agama adalah pakaian juga.

Orang Jawa menyamakan istilah agama, sama dengan “ageman” yang atinya pakaian sehari-hari. Sampai di sini marilah kita sejenak merernung  Tuhan Yang Pemurah telah menyediakan pakaian sehari-hari yakni agama kita. Pertanyaannya, apakah pakaian itu kita biarkan, kita campakan atau kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari? Kita tahu bahwa pakaian yang satu ini sangat bernilai, dan sangat mahal yang tidak dapat disamakan dengan pakaian ciptaan manusia. Pakaian apa pun yang kita beli, dan seberapa mahal pun harganya, manakala disimpan saja dalam almari, dan hanya dilihat saja, maka tidak ada gunanya.

Pakain menjadi berguna apabila kita kenakan sesuai dengan peruntukkannya, pakaian yang dibiarkan saja hanya akan lapuk ditelan waktu. Agama, dalam hal ini Islam, akan tidak ada manfaatnya apabila dibiarkan saja, dipandangi saja, dipuja-puja saja, diketahui sja bahwa Isam itu sangat bernilai. Islam akan ada manfaatnya bila dijalankan. Ibadah shalat wajib, shalat sunat, ibadah yang bersifat hablumminallah dan hablumminannas, akan terasa manfaatnya bila kita secara ikhlas dijalankan. Silakan saja, dicoba. Bagi yang belum terbiasa shalat malam, shalat tahajud, segera mencobanya. “Baju mahal” buatan Allah ini sangat mahal harganya. Coba, sesekali dipakai dengan ikhlas, Anda akan mendapatkan ketengan batin, keiklhasn hidup, yang tak ternilai harganya. Pakaian ini dikhsuskan bagi kita yang masih mengenakan “selimut” ego, selimut dingiinnya malam dan manjanya tubuh untuk terus tidur pulas. Keberanian kita untuk mengganti “selimut kumal” dengan “baju baru” dari Allah (shalat tahjud)  menjadikan kita lebih mantap dalam menatap kehidupan. Insya Allah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: